BebasBayar

http://www.bebasbayar.com/108/?b=b782b39b

“SIAPAKAH DIA”

Siapakah Dia..

Yang br’jaLan mnempuh jalur darah

Yang seharusnya kuTempuh..

Siapakah Dia..

Yang merintih meManggul beban d bahu

Beban yG s’pantasnya kupikul..

Siapakah Dia..

Yang terseok mnyeDiakan tubuh_Nya d siksa

Yang seharusnya kutangGung..

Siapakah Dia..

Yang terpaku pada kayu salib

Yang sharusnya kudeRita..

Siapakah Dia..

Yang tertunduk mnGhembuskan nafas tR’akhir

Yang mnggantikan tmpatku..

Sungguhkah aku mngeNalnya

Bila dalam hidup sehari-hariku

Dia tak tampak nyata…

Dia…

Dialah  YESUS sang juruselamt..

Dia yang telah memilih jalan Salib

Bukan untuk diri-Nya

Tetapi untukku…

Untukku yang tak mungkin memilih jalan itu

Di dalam Dia ada kerelaan yang tak tr’banding oleh manusia

Turun dari takhta Kemuliaan ke tempat tr’rendah

MeningGalkan segalanya

Tanpa desah, tanpa keluh..

Di dalam Dia ada Pengosongan diri

Melepas gengGaman kuasa atas semesta

Dan tunduk pada semesta..

Di dalam Dia ada pengoRbanan

Yang rela mn’yerahkan nyawanya untukku

Darah mengucur mewarnai kulit

Hingga hembusan nafas tr’akhir..

Di dalam dia ada penebusan dosa

Dengan uluran tangan yang tak henti

Merangkul dan mngusap air mata…

Di Dalam Dia ada kekuatan yang d bagikan

Yang tunduk jadi tegak..

Yang lemah jdi kuat..

Yang lesu jd bangkit..

Yang hina jd br’arti..

Yang merah kermizi jd putih..

Yang br’salah d ampuni…

                          
                     By : Lazma C’burian

   

“HaPpy vaLeNtinE day”

All I wanted was sum1 2 care 4 me
All I wanted was sum1 who’d b there 4 me
All I ever wanted was sum1 who’d b true
All I ever wantedwas sum1 like U….

HapPy valeNtine alll….

 

4guztina.blogspot.com

“HaPpy BriThday Ayah”

 

AYAH
Kau banting tulang
Tak knal Lelah
Kau tak kenal waktu
Entah itu malam ataupun siang
Kau tak pernah jemu
Melukis kerja keras di permukaan bumi
Dengan peNuh semangat
Berharap kelak akan menjadi indah
Engkau jembataniku menuju cita
Engkau pembimbing hidupku
Ayah harta indah yang tak ternilai bagiku
Ayah semangatku di saat keadaan terpuruk
Trimakasih unTuk smuany..!!

Pintaku pada-NYA smga papa d bRi umur yG pnjng Dan ksehtan
Untuk bsa membimbing kmi anak., cucumu..!!

Amiiinn….

“Selamat Ulang tahun Ayah” 6 Feb 2012

Baca selengkapnya…

“PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK”

1. Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek (object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula.
Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
1. Kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh ‘class of dog’ adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

2. Objek – membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu :
• Setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan
disebut sebagai state.
• Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut
sebagai behaviour.

Contoh sederhananya adalah : objek sepeda
• Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
• Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik,
kecepatannya menurun, dan perpindahan gigi sepeda.

Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek dalam perangkat lunak akan menyimpan state-nya dalam variabel dan menyimpan informasi tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau fungsi-fungsi/prosedur.

3. Abstraksi – Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti.
Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari “pelaku” abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
4. Enkapsulasi – Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.

5. Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim.

6. Interface
Pada Java juga dikenal konsep interface, yang merupakan device yang digunakan untuk komunikasi antar objek berbeda yang tidak memiliki hubungan apapun. Interface bias dikatakan sebagai protokol komunikasi antar objek tersebut.
7. Inheritance
Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour ( methodmethod) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override ) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Keuntungan dari inheritance adalah :
 Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari
 superclass yang telah ada. Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.

Istilah dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
• Extends
Keyword ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.
• Superclass
Superclass digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari subclass/class anak.
• Subclass
Subclass adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
• Super
Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
• Methode Overriding Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass.

Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading. Kalau method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass, kalau method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.
1.1 Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain:
1. Visual Foxpro
2. Java
3. C++
4. Pascal (bahasa pemrograman)
5. Visual Basic.NET
6. SIMULA
7. Smalltalk
8. Ruby
9. Python
10. PHP
11. C#
12. Delphi
13. Eiffel
14. Perl
15. Adobe Flash AS 3.0

2. Mengenal Bahasa Pemrograman Java
2.1 Sejarah Java
Java dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun 1991. Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Bahasa ini pada awalnya disebut “Oak” tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya. Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.
2.2 Kelebihan Java
Bahasa pemrograman lain yang telah ada sebelum Java lahir sudah merupakan bahasa yang baik dan mudah dipelajasi oleh programmer profesional. Akan tetapi para programmer ini menginginkan sesuatu yang baru yang memiliki banyak hal yang menyelesaikan masalah mereka. Utamanya adalah keamanan kode mereka. Hal ini melahirkan pikiran yang revolusioner untuk menemukan bahasa pemrograman lain yang disebut Java. Tidak hanya keamanan tapi juga beberapa hal yang sering disebut sebagai Java-Buzzwords. Kata-kata ini menjelaskan berbagai fitur tambahan dan beberapa hal yang membuat Java demikian sukses dan diterima oleh dunia perangkat lunak. Berikut ini adalah penjelasan serta keuntungan dari kata-kata tersebut.
3. MEMULAI JAVA
Untuk pemrogram pemula lingkungan pemrograman java dapat diringkas menjadi :
1. Editing source code menggunakan editor teks.
2. Compiling menggunakan keyword javac melalui command promp (dapat juga dari editor teks).
3. Executing menggunakan :
a. Keyword java melalui command prompt (dapat juga dari editor teks)
b. Browser atau applerviewer untuk applet.
3.1 Token
Token adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti. Ada 5 token dalam bahasa java yaitu :
1. identifier,
2. keyword,
3. literal dan tipe data,
4. operator, serta
5. separator.

3.1.1 Identifier
Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu. Sesuatu tersebut adalah variabel, atau konstanta, atau attribute, atau method, atau kelas, atau package, atau interface, atau nama file, dan lain-lain.
3.1.2 Keyword
Kata kunci digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Ada 51 keyword dalam java yaitu :
abstract Continue for new switch
boolean Default goto null synchronized
break Do if package this
byte Double implements private threadsafe
byvalue Else import protected throw
case Extends instanceof public throws
catch False int return transient
car Final interface short true
class Finally long static try
const Float native super void
while

3.1.3 Literal dan Tipe Data
Literal adalah nilai variabel/attribute atau nilai konstanta atau huruf yang menyatakan suatu nilai. Ada tiga besaran literal dalam java yaitu angka, karakter, dan string.
1. Angka : Terdiri dari byte, short, int, long, float, double, dan boolean (dianggap angka true = 1 atau false = 0)
Mis : int angka = 10;
Pada pernyataan di atas, yang dinamakan literal adalah 10, karena 10 berarti bilangan bulat atau integer.
2. Karakter : Kita dapat melambangkan suatu karakter dengan tanda petik tunggal misalnya ‘a’ atau ‘3′ atau ‘=’. Suatu karakter dapat juga dilambangkan dengan kode ASCII nya. Caranya dengan memulainya dengan \u00 (garis miring terbalik) kemudian diikuti dengan kode ASCII nya dalam bentuk heksadesimal.
// huruf ‘A’ dalam ASCII
char huruf = ‘\u0041’;
Selain itu ada beberapa karakter lain selain alfabet yang dapat dilambangkan dengan escape sequence. Berikut ini beberapa contohnya.
\n = tombol enter atau baris baru.
\r = carriage return.
\t = tombol tab.
\b = tombol backspace.
\\ = karakter \
\’ = karakter ‘
\” = karakter ”

3. String :String merupakan untaian huruf dan angka yang tersusun menjadi satu kalimat. Dalam bahasa java, string bukan merupakan tipe primitif, tetapi merupakan kelas. String pada java tidak disimpan dalam bentuk array seperti pada C. Java menyediakan beberapa metoda untuk melakukan penggabungan, modifikasi, atau perbandingan. String ditulis di antara dua tanda petik ganda seperti contoh berikut.
String salam = “Selamat Datang”;
String juga dapat mengandung karakter spesial seperti dibahas pada literal karakter.Misalnya
String hallo = “Selamat Datang \”Di BUDIDARMA\””;
System.out.println(“Hallo Semua\nSelamat pagi,\nSemoga hari anda cerah\n”;
Berikut ini adalah beberapa contoh lainnya.
// Contoh string kosong
String teks = “”;

// Contoh string berisi ”
teks = “\””;
// String dapat juga dipisah menjadi beberapa baris
teks = “ini baris pertama ” +
“dan ini lanjutannya.”

3.1.4 Operator
Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.
Berikut tabel dan hirarki operator :
Prioritas Kelompok Operator Keterangan
1 . [] () Sekaligus
2 ++var, –var, ~, instanceof preincrement, predecrement, unary, instance dari kelas …
3 (type) (casting)
4 ! Not
5 *, /, % perkalian, pembagian, modulus
6 +, – penjumlahan, pengurangn
7 <>, >>> geser untuk bil biner
8 , = pembandingan
9 ==, != kesamaan, ketidaksamaan
10 & and
11 ^ exclusive or
12 | unconditional or
13 && conditional and
14 || conditional or
15 ? : shorthand untuk if..then…else…
16 =, +=, -=, *=, /=, %=, ^= operator penugasan
17 &=, |=, <>=, >>>= operator penugasan
18 var++, var– postincrement, postdecrement

3.1.5 Separator
Separator menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.
Berikut adalah daftar separator di java :
Notasi Nama Deskripsi
(…) Kurung mengelompokkan parameter method.
{…} kurung kurawal mengelompokkan nilai-nilai suatu array,
mendefinisikan blok kode kelas ataupun kode method.
[…] kurung siku mendeklarasikan tipe array
: titik koma mengakhiri pernyataan, merangkai pernyataan-pernyataan di dalam for.
, Koma memisahkan identifier-identifier di bagian deklarsi variable.
. Titik memisahkan nama-nama package,
memisahkan kelas dari objek,
dan objek dari method.

4. Struktur Kontrol
Struktur kontrol, yaitu perulangan (loop) dan percabangan (branch), dapat digunakan untuk mengulangi perintah berulang-ulang atau untuk memilih dua atau lebih skenario. Java memiliki beberapa struktur kontrol dan kita akan lihat secara lebih detail kemudian.
4.1 Blok, Perulangan, dan Percabangan
 Blok
Blok adalah pernyataan sederhana yang dimulai dengan { dan diakhiri dengan }. Tujuannya untuk mengelompokkan beberapa perintah sehingga lebih dimengerti. Misalnya
{
perintah
}
Pernyataan blok biasanya terdapat dalam struktur kontrol, tetapi sebetulnya tanpa struktur kontrol pun, blok tetap berlaku. Contoh sederhana penggunaan blok ini adalah dalam subrutin main() yang kita lakukan pada contoh-contoh sebelumnya.
Berikut ini adalah 2 contoh penggunaan blok.
{
System.out.println(“Hallo”);
System.out.println(“Dunia”);
}

{ // blok ini digunakan untuk menukar isi variable x dan y
int temp;
temp = x;
x = y;
y = temp;
}
Pada blok kedua, kita mendeklarasikan variable baru temp. Dalam blok kedua ini, variabel apapun yang dideklarasikan tidak akan dapat diakses dari luar blok ini. Variabel ini disebut variabel lokal, karena hanya bisa diakses dari dalam blok.
Ketika komputer menjalankan program ini, komputer akan mempersiapkan memori untuk menyimpan variabel yang dideklarasikan di dalam blok ini. Ketika blok ini selesai dijalankan, komputer akan melepas memori yang digunakan dalam blok ini untuk digunakan oleh bagian program lain.
Konsep “scope” atau jangkauan pada konsep pemrograman, mengacu pada bisa atau tidaknya suatu variabel dilihat oleh bagian program lain. Jangkauan suatu variabel menyatakan di bagian mana variabel ini valid atau dengan kata lain bisa diakses. Jangkauan variabel dalam suatu blok terbatas hanya pada blok tersebut.
 Perulangan
Sebagai contoh untuk membahas tentang perulangan, kita lihat pernyataan while, yang memiliki bentuk seperti
while (suatu_kondisi) {
perintah
}
Semantik pada pernyataan while tersebut adalah sebagai berikut. Ketika komputer sampai pada pernyataan while, komputer akan melakukan perhitungan pada suatu_kondisi. Apabila suatu_kondisi bernilai true, blok yang berisi perintah akan dilakukan. Setelah komputer sampai pada bagian akhir blok, komputer akan menghitung kembali suatu_kondisi. Jika masih bernilai true, maka blok tersebut akan dieksekusi, dan jika tidak, program akan melompat ke bagian program berikutnya setelah blok berakhir. Atau dengan kata lain, jika suatu_kondisi bernilai false, blok perintah tidak akan dieksekusi.
Berikut ini adalah contoh untuk menulis bilangan 1 hingga 5.
int angka = 1; // inisialisasi variabel, kita mulai dengan mengisi variabel angka dengan 1

while (angka <= 5) {
System.out.println(angka); // cetak isi angka di layar
angka = angka + 1; // tambah angka dengan 1
}
System.out.println("Selesai…");
Variabel angka kita inisialiasi (persiapkan) dan kita isi mula-mula dengan 1. Ketika program sampai pada pernyataan while, program akan mengevaluasi apakah angka <= 5. Pada saat program baru dimulai, angka masih bernilai 1, sehingga pernyataan angka y) { // jika x lebih besar dari y
// blok ini digunakan untuk menukar isi variable x dan y
int temp;
temp = x;
x = y;
y = temp;
}
Contoh berikut adalah program untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan genap atau bilangan ganjil. Dengan menggunakan operator %, yaitu sisa pembagian, kita dapat menentukan apabila sisa pembagian suatu bilangan dengan 2 adalah 0, maka bilangan tersebut merupakan bilangan genap. Jika tidak, maka bilangan tersebut adalah bilangan ganjil.

if ((x % 2) == 0) {
System.out.println(x + ” adalah bilangan genap”);
} else {
System.out.println(x + ” adalah bilangan ganjil”);
}

4.2 While dan do … While
 Pernyataan while
Perulangan while memiliki bentuk
while (suatu_kondisi)
perintah
perintah bisa juga berupa blok yang berisi kumpulan perintah-perintah di antara { dan }. perintah ini disebut juga dengan inti perulangan. Inti perulangan akan terus dieksekusi selama suatu_kondisi bernilai true. suatu_kondisi ini disebut juga penguji perulangan.

 Pernyataan do … while
Kadang-kadang akan lebih mudah menulis perulangan jika penguji perulangan dilakukan di akhir badan perulangan. Dalam hal ini badan perulangan akan dieksekusi terlebih dahulu tanpa memperdulikan apakah suatu kondisi bernilai true atau false. Pengujian dilakukan di akhir setelah suatu kondisi didapat dalam eksekusi perulangan pertama kali.
Pernyataan do … while pada dasarnya merupakan pernyataan while terbalik, dengan bentuk.
do
perintah
while (suatu_kondisi);
Atau apabila perintah berbentuk blok kumpulan perintah-perintah, bisa juga ditulis dalam bentuk
do {
perintah-perintah
} while (suatu_kondisi);
Perlu diingat bahwa pernyataan do … while diakhiri dengan tanda ; di akhir while.
Pernyataan do … while memberikan keleluasaan kepada Anda untuk berekspresi dengan lebih lugas. Sebenarnya, untuk memecahkan suatu masalah dengan perulangan do … while juga bisa diekspresikan dengan perintah while, demikian juga sebaliknya.
do
perintah
while (suatu_kondisi);
bisa dituliskan dalam bentuk
perintah
while (suatu_kondisi)
perintah
Demikian juga dengan
while (suatu_kondisi)
perintah
bisa juga dituliskan dalam bentuk
if (suatu_kondisi) {
do {
perintah
while (suatu_kondisi);
}
tanpa merubah aliran program sama sekali.
 Perulangan For

 Pernyataan if
Pernyataan if merupakan salah satu pernyataan percabangan pada Java, dengan bentuk umum seperti
if (suatu_kondisi)
perintah1
else
perintah2
Seperti biasa, perintah1 dan perintah2 bisa berbentuk blok yang terdiri dari beberapa perintah. Pernyataan if merupakan bentuk percabangan 2 arah. Bagian else yang terdiri dari kata “else” dan perintah2 tidak selalu harus ada.
Perhatikan bahwa baik perintah1 dan perintah2 bisa merupakan pernyataan if itu sendiri. Ada beberapa hal menarik yang mungkin berguna.
 Pernyataan Switch
Penyataan percabangan kedua yang dimiliki Java adalah switch. Pernyataan switch lebih jarang digunakan, tetapi sering bermanfaat apabila kita ingin menuliskan percabangan multi arah.
Pernyataan switch memiliki bentuk sebagai berikut
switch (ekspresi) {
case nilai1:
perintah1
break;
case nilai2:
perintah2
break;
case nilai3:
perintah3
break;
default:
perintah_lain
}
Di sini pernyataan switch akan mencari nilai ekspresi yang sesuai dengan nilai-nilai yang didaftarkan pada pernyataan case. Jika salah satu nilai ditemui, maka program akan melompat ke cabang case tersebut dan melakukan perintah yang terdapat di sana. Jika tidak ditemui, maka program akan melompat ke perintah yang terdapat pada pernyataan default.
Catatan ekspresi hanya bisa berbentuk nilai bilangan bulat (int, short, dan sejenisnya) atau karakter, sehingga kita tidak bisa menggunakan switch untuk mengevaluasi ekspresi yang berbentuk String.
Pernyataan break di atas sebetulnya tidak harus selalu ada. Tetapi, perintah break di sini memerintahkan komputer agar segera keluar dari blok switch apabila perintah tersebut telah selesai dilaksanakan.
Apabila perintah break tidak diberikan, maka program akan terus mengeksekusi perintah lain meskipun sudah berada di luar nilai yang tertera dalam pernyataan casenya.
 Pernyataan kosong
Pernyataan kosong sebenarnya merupakan blok kosong, atau sama dengan {} tanpa perintah apa-apa di dalamnya. Dalam Java, pernyataan kosong juga berarti tanda ; sehingga apabila Anda menulis kode seperti
if (x > 0);
perintah1
maka perintah1 akan tetap dilaksanakan walaupun x <= 0.
Perintah kosong sering merupakan sumber kesalahan dan salah satu fitur yang sulit untuk dicari kesalahannya pada saat debugging. Misalnya perintah berikut
for (i = 1; i <= 10; i++);
System.out.println("hallo");
Anda berharap untuk mencetak kata hallo 10x di layar, pada kenyataannya hanya 1 hallo yang dicetak. Kenapa? Karena tanda ";" setelah for menyatakan bahwa program tidak melakukan apa-apa di dalam perulangan. Perintah System.out.println("hallo") tidak berada di dalam perulangan for, sehingga perintah ini hanya dijalankan 1x saja.
 Pernyataan break dan continue
Pernyataan while dan do … while menguji kondisi di awal atau di akhir badan perulangan. Pengujian bisa juga dilakukan di tengah-tengah badan perulangan, kemudian memerintahkan program untuk keluar dari badan perulangan saat itu juga. Caranya dengan menggunakan perintah
break

“Gelombang Radio”

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Frekuensi radio menunjuk ke spektrum elektromagnetik di mana gelombang elektromagnetik dapat dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antena.

Gelombang Radio

“ArTi CiNta”

“MEMBERI CINTA BUKAN MENCARI CINTA”
Bagaikan mencari jarum di tumpukkan jerami..
Kau kehilangan cintamu yang indah…
Engkau merasakan betapa sukar kau gapai cinta itu..
Engkaupun tau, apapun yang engkau rasakan…

Selama masih ada hati, ya isi hatimu…
Di dalam itulah, cinta bersemanyam..
Hanya dikau tak tau saja di mana keberadaannya..

Sadarlah wahai dunia….
Engkau hadir bukan untuk mencari cinta itu…
Tetapi katakanlah kau telah memiliki cinta…
Karena pepatah berkata, cinta tak harus dimiliki..

PErtanyaan bodoh saja pabila engkau tanyakan..
Cinta tak harus dimiliki karena alasan halus…
Cinta telah engkau miliki di hatimu…
Mengapa engkau buta akan dirimu sendiri???

Jangan lagi mencari, dan jangan merasa kehilangan…
Engkau harusnya memberi cinta…
Bukannya mencari bagaikan tiada cinta di hatimu…

Harus kau cari siapa lagikah…??
Yang mampu segarkan kekeringan hatimu…
Yang mampu memupuk suburnya jiwamu….

Sadarlah duhai manusia, sekelilingmu banyak cinta..
Dan saling memberilah yang jadikan semua nyata..
Bukanlah tuk saling mencari Krna cinta ada dalam hatimu…

“PERSAHABATAN”
dunia begitu gelap
tanpa persaudaraan
tanpa adanya teman berbagi cerita
Sahabatttt………………………..
dimanapun dan apapun wujudnya
teman adalah segala-galanya
anak punk manusia juga
anak rock and roll juga manusia
teman tak harus membedakan
anak baik maupun anak nakal
teman untuk berbagi cerita
teman yang selalu menemani
dalam suka maupun duka
tak harus memilih
tak harus membedakan
tuhan menciptakan manusia itu sama
yang membedakan hanyalah sifat kepribadiannya….
Sahabattt……………………
kau ajari diri ini
menjadi dewasa
tenangkan emosi
dan………….
menjadikan diri ini
sosok yang bijaksana
persahabatan sejati
takkan pernah mati
bila dijalani dengan kebersamaan
itu arti dari persahabatan
my love best friens…

By : Lazma AguztiNa C’buRian

Tips daLam MeNghadapi UjiaN

Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.

Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya.  Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

BERDO’A KETIKA MULAI MENGERJAKAN SOAL

Setiap melakukan pekerjaan , hendaklah di awali dengan membaca bismillah, insyAllah tidak akan sia-sia. Dengan membaca do’a dan mengucap bismillah, sudah merupakan bukti kerendahatian kita dihadapan Allah, bahwa usaha yang kita kerjakan bukan karena kepandaian kita, tetapi karena pertolongan Allah. Jangan lupa baca doa dan bismillah, InsyAllah kita akan mendapat kemudahan-kemudahan.

. PERCAYA DIRI

Faktor mental juga mempengaruhi daya fikir. Jika kita merasa gugup, atau tidak percaya diri, maka otak tidak dapat bekerja maksimal. Maka, hindarilah perasaan cemas dan gugup kalian, ganti dengan perasaan yakin dan percaya diri (tapi bukan over PD –lho) agar kalian bisa nyaman menjawab soal-soal. Kalian harus yakin kalian bisa menjawab soal-soal tersebut, jika kalian menanamkan rasa tidak percaya diri, maka itulah yang terjadi. Jadi, tanamkan berfikir positif terhadap diri sendiri. Ingat, sesulit apapun soal itu, hadapi dengan senyuman J. Dibalik kesulitan ada kemudahan, dibalik kesulitan ada kemudahan …

. KONSENTRASI DAN ULET

Konsentrasi dan keuletan mutlak diperlukan ketika kalian menghadapi soal-soal yang sulit. Jangan mudah menyerah, karena ujian ini adalah satu-satunya jalan kalian menuju tingkat sukses berikutnya. Ingat , nilai1 soal begitu berarti lho.. Ingat, dibalik kesulitan ada kemudahan .., dibalik kesulitan ada kemudahan. Kerahkan semua keilmuan yang kalian miliki, karena biasanya satu ilmu saling berkaitan dengan ilmu yang lain. Sambil mengerjakan soal, kalian juga bisa sambil berdzikir dalam hati, di iringi kerendah hatian pada sang illahi rabbi, plus kepasrahan tetapi di iringi usaha, semoga Allah memberikan jalan keluar.

. SANTAI DAN RELAX

Nah, konsentrasi dan ulet perlu, tapi perlu juga santai, karena kalau terlalu konsentrasi bisa-bisa kalian pusing sendiri. Ingat, serius tapi … santai. Tapi, tetap harus memperhitungkan waktu ya …

. PERGUNAKAN WAKTU SEBAIK MUNGKIN

Lewati soal-soal yang kalian anggap cukup sulit, demi untuk menghemat waktu. Tetapi, kalian juga mesti memperhitungkan agar bisa kembali mengerjakan soal-soal yang sulit tersebut. Nah, untuk soal-soal yang mudah, jangan terlalu dilama-lamakan pengerjaannya -misalnya bersiul-siul *ups gak boleh ya* -bernyanyi-nyanyi dalam hati karena kesenangan akhirnya khabisan waktu. Segeralah beralih ke soal berikutnya.

. TELITI

Sepintar apapun kalian, se-mengusai rumus apapun kalian, tapi kalau kalian tidak teliti dalam menghitung atau menjawab soal, itu sia-sia. Karenanya harus hati-hati, jangan sampai menjawab soal nomor 1 pada lembar jawaban nomor 2 atau seterusnya.

Next page Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal.  Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit.  Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

Jawab soal-soal ujian secara strategis.

Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi.  Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:

  • soal paling sulit
  • yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
  • memiliki nilai terkecil

Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.

Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah.  Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan.  Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan.  Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis.  Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.

Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama.  Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu.  Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil.  Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.

Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian.  Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan.  Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.  Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal).  Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya.   Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu.  Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah.  Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Jadi jangan lupa mengecek kembali lembar jawaban kalian..

d post’kn oleh : Lazma Agustina SiburiaN


LaNgkah- LangkaH unTuk SuKsEs Dalam KuLiah

1. Cintailah semua mata kuliah.
2. Sering2 membaca diktat dan referensi lainnya.
3. Setiap kali habis kuliah atau sebelum kuliah, bacalah apa yang sudah diajarkan sebelumnya biar pas ujian, setidak2nya sudah punya gambaran dan ingat kuliah tersebut dan tidak perlu belajar terlalu mati2an lagi.
4. Hindari sistem belajar kebut semalam dan usahakan belajar tiap hari.
5. Kalau ada kuliah yang tidak dimengerti, jangan sungkan2 bertanya kepada dosen maupun rekan mahasiswa lainnya yang lebih pintar.
6. Bikin target tiap semester kamu harus mendapatkan IP berapa dan selalu berpatokan bahwa kamu harus mencapainya bahkan kalau bisa melebihinya. Yang pasti target tersebut harus disetnya masuk akal, tidak terlalu muluk2 tapi juga tidak terlalu rendah.
7. Target ini sebaiknya harus di set dari awal masuk kuliah, biar masih bersemangat tinggi untuk mencapainya. Sekali kamu berhasil mencapainya, tentu saja kamu termotivasi untuk mencapainya di semester2 berikutnya. Kalau dari awal sudah rendah IP nya kadang bisa terbawa ke semester berikutnya juga.
8. Jangan menganggap remeh kuliah, selalu datang saat ada kuliah dan juga menyimak sungguh2. Harus selalu menganggap bahwa semua mata kuliah penting dan mempengaruhi bagus tidaknya IP kamu tersebut.

9. Menjadikan Belajar sebagai hal yang menyenangkan *jangan menganggap belajar itu adalah beban..

10. Managemen waktu yang baik *kUnci dri semuanya nih

Oia satu hal yang harus kita ingat, yang namanya belajar tuh ga melulu harus SERIUS bgt dengan srtumpuk buku tebal lho…klo kita jeli, kita sbnrnya bisa belajar kapanpun and dimanapun …klo males belajar, ikutan aj kelompok belajar or kelompok study. Mencari temen yg baik bukan berarti pilih2 or gmna gtu…bertemanlah dengan siapa saja..but untuk ‘temen deket’ or ‘sahabat’ wajib BAIK (biasanya orang baik itu juga pintar). Knapa? Karena sahabat adalah orang yg bakal paling mempengaruhi kepribadian kita after keluarga. Yakin deh… klo sampe kmu salah pilih teman bakal bahaya bgt buat masa depan kmu sendiri..so wajib bgt bersahabat dengan Orang yg baek and berusahalah juga untuk jadi orang yang baek :)

 Di post’kn oleh : Lasma Agustina SibuRian

10 SIKAP YG HRUZ KTA MILIKI UNTUK MENCAPAI SUKSES

Sepuluh sikap yang harus dipunyai itu adalah sebagai berikut: 

Pertama, Keberanian untuk berinisiatif :

Kekuatan yang sebenarnya tidak lagi menjadi rahasia atas kesuksesan orang-orang terknenal yaitu mereka selalu punya ide-ide cemerlang!

Lihat saja : Seorang Donald Trump yang “mendunia” karena superioritasnya di bidang Real Estate awalnya berproses dari status bangkrut dan akhirnya berpredikat Raja Real Estate, adalah contoh dari seorang yang jenius dan berani berinisiatif.

Kita tentu mengenal serial TV The Apprentice, kontes Miss Universe, Online University bernama TrumpUniversity.com, bahkan di negara asalnya boneka Donald adalah sebuah icon dan produk laris selain buku-buku bestseller-nya. Dan inisiatif adalah kekayaan semua orang, tinggal orang itu mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ide-idenya.

Kedua, Tepat waktu :

Sebuah hal yang pasti untuk semua orang di dunia ini tanpa terkecuali adalah bahwa kita memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari. Seorang yang menepati janji dan tepat waktu menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang memiliki kemampuan mengatur/manage sesuatu yang paling terbatas tersebut.

Kemampuan untuk hadir sesuai janji adalah kunci dari semua keberhasilan, terutama keberhasilan berbisnis dan berinteraksi. Memberikan perhatian lebih terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan kolega dan mitra kita. 

Ketiga, Senang melayani dan memberi:

Sebuah rumus sukses dari banyak orang sukses adalah mampu memimpin, namun sebuah additional attribute dari sikap kepemimpinan adalah kebiasaan melayani dan memberi.

“The more you give to others, the more respect you get in return

Dan, keikhlasan adalah kunci untuk sifat ini. Kebaikan lain akan terus mengalir tanpa henti saat kita mampu memberi dan melayani dengan ikhlas. Ini mungkin bisa dibilang sebagai bonus saja!

Tetapi, setidaknya dengan memberi dan melayani berarti menunjukkan kepada teman, kolega serta rekan kita betapa suksesnya diri kita sehingga membuat orang lebih yakin bermitra dan bergaul dengan diri kita.  

Keempat, Membuka diri terlebih dahulu: 

Barangkali kita pernah bertemu orang yang selalu mau tahu tentang hal pribadi orang lain namun dia terus menutup diri agar jati dirinya tidak terbuka.

Mereka biasanya hidup dalam ketakutan dan kecurigaan, dan selalu berprasangka buruk kepada siapa saja yang dijumpainya. Sikap ini adalah unsur yang tidak dimiliki banyak orang sukses.

Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri, lantas tidak ada yang perlu ditutupi, itulah yang dicari oleh para partner sejati dan sebagian besar dari kita akan setuju bahwa tidak banyak orang yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius, betul kan?

Kelima, Senang bekerja sama dan membina hubungan baik: 

Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah salah satu kunci keberhasilan utama.

Kembali kita mengambil contoh Donald Trump. Dalam serial TV The Apprentice, Trump memiliki tim yang loyal dan menjadi perpanjangan tangan dirinya dalam menemukan para calon “orang kepercayaan” yang baru.

Pada akhirnya, Trump akan memiliki sebuah tim yang sangat loyal dan bervisi sama dengan menciptakan jaringan kerja yang baik, sehingga jalan menuju sukses itu semakin terbuka lebar. 

Keenam, Senang mempelajari hal-hal baru: 

Ciputra dan Aburizal Bakrie adalah seorang yang bisa dikatakan sebagai orang sukses dalam bidangnya yaitu commerce. Tapi saat mereka mendirikan universitas, apakah mereka beralih sebagai seorang pendidik? Atau mereka sendiri sebenarnya adalah profesor? Jelas tidak, mereka tetap seorang entrepreneur, namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung menerapkannya, maka dunia bisnis semakin terbuka luas baginya.

Dunia bisnis ibarat sebagai tempat bermain yang laus dan tidak terbatas. Jadi senang belajar dan mencari hal baru adalah sebuah sikap kesuksesan. 

Ketujuh, Jarang mengeluh, profesionalisme adalah yang paling utama: 

Lance Armstrong pernah berkata, “There are two kinds of days: good days and great days.

Hanya ada dua macam hari: hari yang baik dan hari yang sangat baik. Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh, walaupun suatu hari mungkin kita akan jatuh dan gagal.

Mengapa?

Karena setiap kali gagal, itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. Hari di mana kita gagal tetap sebagai a good day (hari yang baik). 

Kedelapan, Berani menanggung resiko:

Jelas, tanpa ini tidak ada kesempatan sama sekali untuk menuju sukses. Sebenarnya setiap hari kita menanggung resiko, walaupun tidak disadari penuh.

Resiko hanyalah akan berakibat dua macam: be a good or a great day. Jadi, jadi tidak perlu dikhawatirkan lagi bukan?

Kegagalan pun hanyalah kesempatan belajar untuk tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari dan tentunya ambang kepada kesuksesan akan lebih dekat. 

Kesembilan, Tidak menunjukkan kekhawatiran (berpikir positif setiap saat): 

Berpikir positif adalah environment atau default state di mana keseluruhan eksistensi kita berada.

Jika kita gunakan pikiran negatif sebagai default state, maka semua perbuatan kita akan berdasarkan ini (kekhawatiran atau cemas). Dengan pikiran positif, maka perbuatan kita akan didasarkan oleh getaran positif, sehingga hal positif akan semakin besar kemungkinannya.

Semakin positif kita menyikapi hambatan, semakin besar kesempatan kita menemukan penyelesaian atas hambatan tersebut. 

Kesepuluh:  “Comfortable in their own skin” Menutup-nutupi sesuatu maupun supaya tampak “lebih” dari lawan bicaranya.

Pernah bertemu dengan orang sukses yang rendah diri alias tidak nyaman dengan diri mereka sendiri? Tidak ada tentunya.

Kenyamanan menjadi diri sendiri tidak perlu ditutup-tutupi supaya lawan bicara tidak tersinggung karena setiap orang mempunyai tempat tersendiri di dunia yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Saya adalah saya, mereka adalah mereka.

Dengan menjadi diri saya sendiri, saya tidak akan mengusik keberadaan mereka. Jika mereka merasa tidak nyaman, itu bukan karena kepribadian saya, namun karena mindset yang berbeda dan kekurangmampuan mereka dalam mencapai kenyamanan dengan diri sendiri.

Sikap dasar orang sukses tersebut di atas barangkali dapat menjadi cerminan dan memuluskan langkah kita untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan, tinggal kita yang memutuskan.

Ok… sekarang Kita Siap untuk sukses?

Mari kita coba dan terapakan dari sekarang.

Di post’kn : Lasma Agustina Siburian